Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perpanjangan Domain ke-3 : Menunggu PIN Google Adsense Tiba

Perpanjangan domain alfirous.com ke-3

Tanggal 15 Oktober 2022 yang lalu, Rumahweb mengirim saya email yang berisi pemberitahuan bahwa domain blog ini akan habis masa aktifnya satu bulan kedepan. Setelah hampir satu bulan berlalu tepat hari ini (12 November 2022), setelah pulang kerja, saya langsung perpanjang domain alfirous.com untuk satu tahun kedepan dengan total biaya Rp. 178.650 di Indomaret yang letaknya 150 Meter dari tempat saya bekerja.

Rincian domain :

  • Domain Rp. 155.000
  • 11% PPN : Rp. 17.050
  • Biaya ADM : Rp. 6.600
Tidak terasa domain alfirous.com ini telah berumur 3 tahun. Bisa di bilang ini adalah domain pertama yang saya perpanjang setiap tahunnya. Biasanya, saya hanya membeli domain untuk satu tahun saja. Tahun berikutnya tidak saya perpanjang lagi. Entah karena pas waktu perpanjangannya saya sedang tidak pegang uang atau saat waktu perpanjangannya saya sedang malas untuk ngeblog. Intinya ada beberapa domain yang saya biarkan mati setelah satu tahun.

Bagi saya domain alfirous.com ini benar-benar spesial. Saya sudah terniat untuk mendaftarkan domain ini sejak tahun 2015 yang lalu tapi sampai dua tahun kemudian belum juga terealisasi. Saat saya ulang tahun tanggal 2 Juni 2017 yang lalu, saya cek lagi domain ini di Rumahweb tapi telah di daftarkan orang lain satu hari sebelumnya.

Lompat ke dua tahun setelahnya, tepat malam hari tanggal 14 November 2019 yang lalu, saya iseng-iseng cek domain ini di Rumahweb. Awalnya saya fikir domain ini masih di miliki orang lain, tapi ternyata domain ini masih bisa di daftarkan lagi. Itu artinya domain ini tidak di perpanjang lagi oleh orang sebelumnya.

Besok paginya tanggal 15 November 2019 langsung saja saya daftarkan domain ini di Rumahweb. Setelah domain alfirous.com saya miliki, saya rasanya seperti mimpi. Bertahun-tahun mengincar domain ini, akhirnya jadi milik saya juga. Hal ini semakin menyakinkan saya kalau rezeki memang tidak kemana.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa saya begitu terobsesi dengan domain alfirous.com ini? Jawaban sederhananya seperti ini :

Nama lengkap saya kan Muhammada Hatim Al Firouz. Seharusnya kalau mau daftarkan domain, maka alfirouz.com lah yang saya pilih. Sebab sesuai dengan nama belakang saya yang tertulis di KTP dan identitas lainnya. Tapi kenapa saya lebih memilih alfirous.com? Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena banyak orang yang salah menyebut dan menulis nama belakang saya. Saya sebutnya Al Firouz, orang lain banyak yang menulisnya Al Firous.

Karena tidak ingin orang salah mengetikkan nama domain ini di web browser mereka, makanya saya daftarkan domain alfirous.com ini. Sesederhana itu alasannya.

***
Awalnya blog ini saya isi dengan cerita sehari-hari. Sebab saya ini orangnya pelupa.Lupa bagaimana rasanya jatuh cinta karena sering di tinggal pas lagi sayang-sayangnya. Dan setiap hari, selalu saja ada cerita yang sangat sayang untuk di lewatkan begitu saja. Jadi, satu-satunya cara agar setiap kejadian tidak berakhir dengan kata LUPA. Iya, dengan cara menuliskannya.
 
Ada beberapa cerita yang saya tulis trending dan di baca ratusan kali. Salah satunya adalah ini :
Tanggal 19 Juni 2022 yang lalu blog ini di terima Google Adsense (baca : Yes! Akhirnya di Terima Google Adsense). Satu bulan kemudian, Google Adsense saya di tangguhkan karena Google mendeteksi traffic tidak valid. Waktu itu saya menulis Ellin, Anak Desa Kudap yang Sedang Viral. Setelah tulisan jadi, langsung saya share di Facebook. Di luar dugaan, tulisan saya tersebut di share oleh Ellin di akun Facebooknya dan viral. Satu hari tersebut, blog ini menerima 2,3 ribu kunjungan dari Facebook. Itu yang Google menaruh kecurigaan.

Tapi setelah satu bulan berlalu, tepatnya tanggal 18 Agustus 2022, akun Google Adsense saya kembali di aktifkan dan bisa menampilkan iklan lagi seperti biasa.

***
Tanggal 4 November 2022 yang lalu, Google meminta saya memverifikasi identitas. Sehari kemudian, Google kembali mengirim saya email yang mengatakan bahwa Google telah mengirimkan saya PIN melalui surat dan PIN tersebut berguna untuk memverifikasi alamat saya. 

Jadi saat perpanjangan domain alfirous.com ke-3 tadi, sebenarnya saya tengah menunggu PIN Google Adsense tiba. Mungkin 2 minggu dari sekarang saya akan ke kantor pos untuk menanyakan PIN tersebut. Doain ya semoga PIN nya cepat sampai dan verifikasi alamat saya berjalan dengan lancar. Aamiiin

Sekarang saya sudah jarang menulis cerita tentang kejadian sehari-hari. Mungkin ke depannya saya akan membuat blog baru (bisa juga membuat subdomain) untuk menampung cerita yang sifatnya lebih pribadi. Sedangkan alfirous.com saya fokuskan untuk menulis tentang hal yang sifatnya lebih umum seperti tutorial dll.

Sampai jumpa di blog baru saya nanti. Ciao!!!