Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blak-Blakan! Inilah 3 Blog yang Serius Saya Kelola

Sejak mengenal blog di akhir tahun 2009 yang lalu, sudah tidak terhitung lagi berapa banyak blog yang telah saya buat. Baik blog dengan domain berbayar maupun yang gratisan. Sebagian besar blog itu saya hapus karena beberapa alasan dan sebagiannya lagi domainnya tidak saya perpanjang. Entah karena tidak punya uang ataupun semangat menulis saya saat itu sedang lesu-lesunya.

Daftar Blog Yang Saya Kelola

Siklus ngeblog saya dari dulu sampai sekarang itu seperti ini : semangat - buat blog baru - menulis - bosan - hapus blog. Begitu terus sampai ladang gandum di hujani meteor coklat dan jadilah Koko Krunch 😅

Walaupun sempat beberapa kali hiatus, tapi sampai saat ini pun saya tidak pernah benar-benar berhenti. Itu yang semakin meneguhkan keyakinan saya kalau menulis di blog adalah passion saya. 

Tapi satu hal yang sangat saya sesalkan sampai saat ini adalah setiap kali bosan ngeblog saya langsung menghapus blog tersebut. Bukan domain saja yang hilang tetapi tulisan yang pernah saya buat juga hilang. Seandainya domain tersebut (terutama domain gratisan) saya biarkan saja sampai saat ini, mungkin domain tersebut akan menjadi domain yang sangat berharga. Sebab domain yang sudah berumur lebih di prioritaskan oleh Google untuk saat ini. Apalagi kalau domain tersebut memiliki isi dan backlink yang berkualitas. Kalau mau buat blog baru dengan domain baru untuk saat ini agak berat. Sebab lebih susah di index oleh Google. Butuh usaha lebih keras. Apalagi di tengah gempuran video pendek (TikTok, SnackVideo, Youtube Shorts, Facebook Reels dan Instagram Reels) maupun media besar (Kompas, Detik, TribunNews, Suara, dll) yang membabat habis semua kata kunci pencarian.

Semua sudah terjadi. Tidak ada yang perlu di sesalkan lagi. Untuk kedepannya saya akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Menghapus blog ketika bosan menulis atau semangat menulis sedang lesu-lesunya.

Ngomong-ngomong soal blog, saat ini saya punya 5 blog. Tapi dari kelima blog tersebut, hanya 3 blog yang serius saya kelola. Ketiganya sama-sama menggunakan domain berbayar. Inilah 3 blog yang saya maksud :

1. alfirous.com

Awalnya blog ini adalah blog pribadi. Saya biasanya menulis opini dan juga cerita tentang kehidupan sehari-hari. Salah satu cerita unik yang sempat saya tulis adalah Astaga! Ternyata Ceweknya Nggak Pake BH. Tulisan tersebut terinspirasi ketika pulang dari mengantar orang tua ke pelabuhan Selat Baru, ada cewek yang jatuh dari motor. Ketika saya tolong, ternyata ceweknya nggak pake BH. Serius!!!

Tapi sejak di terima Google Adsense bulan Juni 2022 yang lalu, saya sudah jarang menulis cerita sehari-hari di blog ini. Saya lebih cenderung menulis dengan tema-tema yang lebih serius seperti Film, Game, Tutorial dan lain sebagainya.

2. terubuk.com

Saya sudah mengincar domain terubuk.com ini lebih dari 7 tahun lamanya. Tapi selalu kedahuluan sama orang lain. Hingga pada tanggal 8 Desember 2019 yang lalu, saya iseng ngecek domain ini di Rumahweb dan ternyata tersedia. Besoknya langsung saya daftarkan tanpa basa-basi.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa saya begitu terobsesi dengan domain terubuk.com ini. Sebenarnya tidak ada alasan khusus. Cuma selain karena domainnya bagus dan mudah di ingat, saya juga tinggal di sebuah kota yang di juluki Kota Terubuk. Jadi alasannya cuma itu.

Saya jarang menulis di blog ini. Sampai saat ini tulisan di blog ini cuma 22. Sebagian tulisan di blog ini adalah hasil redirect dari blog bloggerterubuk.blogspot.com yang saya buat pada tahun 2016 yang lalu.

Walaupun demikian, semua tulisan yang saya buat benar-benar berasal dari kesungguhan hati. Mungkin hal inilah yang membuat blog ini tetap mendapatkan pengunjung organik antara 150 s/d 300 pengunjung setiap harinya.

3. hatim.web.id

Ini adalah blog pertama saya yang menggunakan domain .web.id. Pertama saya daftarkan pada tahun 2017 yang lalu. Saat itu saya menetap sementara di Kota Pekan Baru. Saat saya kembali ke Kota Bengkalis di awal tahun 2018, semangat ngeblog saya menurun drastis dan domain hatim.web.id ini lupa untuk di perpanjang.

Tapi bulan Februari 2022 yang lalu, domain ini kembali saya daftarkan di tempat yang sama yakni di Rumahweb Indonesia. Setelah saya daftarkan ulang, domain ini saya biarkan begitu saja. Bingung mau mengisinya dengan apa.

Berhubung saya butuh blog pribadi yang menceritakan kehidupan sehari-hari, jadinya saya putuskan untuk mengisi blog ini dengan cerita yang saya maksud. Apalagi saya sudah sangat jarang menulis artikel curhat di blog alfirous.com.

Semoga kedepannya semua blog yang saya punya bisa saya isi dengan tulisan baru secara bergiliran. Biar kelihatan hidup dan tidak penuh sarang laba-laba 😂