Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hantu Dapur

Pernah dengar cerita tentang Hantu Dapur? Itu lho, hantu yang tempat tinggalnya di dapur, punya hobi memasak dan bercita-cita ingin masuk ajang pencarian bakat Master Chef HantuNesia 😁

Hantu Dapur

Waktu kecil saya tinggal di rumah yang bagian dapurnya terbuat dari papan. Untuk memasak masih menggunakan tungku yang bahan bakarnya adalah kayu. Listrik belum masuk ke desa. Satu-satunya penerangan adalah lampu minyak tanah

Ketika terbangun tengah malam, saya selalu mendengar orang memasak di dapur. Kayaknya sibuk sekali. Ada suara orang menggiling cabe menggunakan lesung batu, ada suara gelas beradu dengan sendok seperti orang tengah membuat air manis, ada suara minyak panas seperti orang tengah menggoreng ikan.

Jujur, saya penasaran. Siapa kira-kira orang yang memasak tengah malam seperti itu?

Mau bangun tapi saya takut. Apalagi dalam keadaan gelap gulita karena lampu minyak tanah tidak cukup menerangi seluruh ruangan rumah. Jadi saya cuma diam mendengarkan dari dalam gelap. Tanpa beranjak dari tempat tidur.

Kejadian seperti itu bukan sekali dua kali saya alami, tapi sering. Karena penasaran, siang nya saya langsung bertanya sama emak dan kakak saya, apakah mereka yang bangun memasak tengah malam seperti itu?

Dan jawaban mereka selalu sama. Bukan mereka yang memasak. Jangankan memasak, ke kamar mandi pun mereka jarang kalau sudah tengah malam seperti itu.

Namanya juga anak kecil. Tingkat penasarannya cukup tinggi. Begitu juga dengan saya. Walaupun saya orangnya penakut, tapi kalau sudah penasaran, saya akan mencari jawabannya sampai ketemu.

Jadi saya selalu bertanya terutama kepada orang-orang tua mengenai suara apa yang selalu saya dengar ketika tengah malam itu. Dan jawaban mereka rata-rata sama. Itu suara Hantu Dapur.

Jujur, baru sekali itu saya mendengar kalau ada yang namanya Hantu Dapur.

Menurut cerita mereka, Hantu Dapur adalah hantu yang suka memasak saat tengah malam. Saat semua orang sudah tertidur nyenyak dan larut dalam mimpinya masing-masing.

Entah ini ada hubungannya atau tidak. Tapi orang-orang tua selalu berpesan, kalau makan periuk nasi jangan sampai kosong. Tinggalkan agak satu atau dua sendok. Terutama kalau malam Jum'at.

Jujur saya tidak tahu, itu tujuannya untuk apa. Mungkin biar penghuni rumah tidak di ganggu Hantu Dapur. Kalau periuk nasi kosong kan biasanya pertanda penghuni rumah belum masak. Mungkin karena hal itulah yang secara tidak langsung mengundang Hantu Dapur berinisiatif untuk memasak. Dan suaranya terdengar oleh saya ketika terbangun tengah malam.

Itu hanya kemungkinan lho ya. Jujur, saya kurang percaya dengan hal begituan.

Saya penasaran apakah ada yang pernah melihat Hantu Dapur ini atau tidak. Dari bertanya-tanya sama orang tua, saya malah mendapatkan 2 jawaban yang berbeda.

Pertama, Hantu Dapur itu wujud nya seorang lelaki yang tingginya tidak lebih dari 140 cm. Kurus kering dan berambut jarang. Saya jadi ingat Smeagol atau Gollum dalam cerita The Lord of The Rings. Apakah seperti itu gambaran Hantu Dapur? Entahlah.

Menurut cerita Hantu Dapur ini memiliki sikut yang sangat runcing. Kalau kita di sikutnya, pasti langsung mati. Orang tua selalu bilang kalau mau menangkap Hantu Dapur, harus dari depan, jangan dari belakang.

Pas mendengar bagian cerita yang ini, saya langsung ketawa ngakak. Saya fikir-fikir, orang iseng seperti apa yang mau-maunya menangkap Hantu Dapur. Dari depan pula.

Di sikut sih nggak, tapi kalau di gigit nya bagaimana? Celaka, nak. Celaka... 👻

Lagian kalau itu beneran hantu, mana ada orang yang bisa menangkap hantu coba?

Oh iya, saya hampir lupa. Menurut cerita yang saya dengar dari orang-orang tua, Hantu Dapur ini tidur bersandar di batu yang menjadi tungku untuk memasak. Kalau bagian ini, saya sedikit (agak) percaya. Sebab setelah orang tua saya tidak memasak lagi menggunakan tungku yang bahan bakarnya adalah kayu, saya tidak lagi mendengar suara-suara itu. Sampai sekarang ini.

Kedua, ada orang tua yang bilang kalau wujud Hantu Dapur itu adalah seorang ibu-ibu menggunakan daster putih dan berambut panjang. Mungkin lebih kurang kayak Kuntilanak yang pernah saya bahas dalam tulisan Hantu-Hantu di Indonesia.

Yang membuat saya bengong dan ketakutan itu ketika orang-orang tua tersebut cerita kalau Hantu Dapur bisa menyerupai emak kita.

Ini bahaya...

Kalau kita mendengar ada orang yang memasak di dapur pas tengah malam, kemudian kita bangun dan melihatnya. Yang kita lihat adalah emak kita yang sedang memasak. Ketika kita bertanya : "Masak apo mak?". Tiba-tiba sosok yang kita sangka emak kita itu membalikkan badan, memperlihatkan mukanya yang hancur-hancuran dan mengeluarkan darah.

Astaga, ketakutan sering membuat orang jadi berimajinasi liar 😡

***

Pernah dengar cerita tentang Hantu Dapur? Share di kotak komentar ya