Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Bulan kemerdekaan negara Indonesia yakni bulan Agustus memang identik dengan bermacam-macam perlombaan. Selain bertujuan untuk memeriahkan suasana, juga bisa meningkatkan kerjasama, sportivitas dan juga kreativitas antar sesama. 

Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

Hampir di seluruh pelosok tanah air terutama di desa-desa, bulan Agustus memang selalu di tunggu-tunggu. Sebab banyak sekali perlombaan yang bisa di ikuti khususnya untuk anak-anak. 

Perlombaan anak-anak tidak harus mewah. Cukup hadiah sederhana seperti buku dan pena saja, mereka sudah sangat antusias mengikutinya. 

Jika kamu bertindak sebagai panitia, rekomendasi perlombaan di bawah ini wajib kamu coba.

10 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak

1. Balap Karung
Ini perlombaan yang wajib ada untuk anak-anak. Kalau tidak ada lomba balap karung, rasanya kayak ada yang kurang. 

Peralatan yang di butuhkan cukup 1 doang yakni karung. Kalau mau kreatif lagi, bisa balap karung nya sambil jongkok kemudian kepala pesertanya di pasangin helm. 

2. Makan Kerupuk
Ini perlombaan yang kebanyakan anak-anak cukup antusias untuk mengikutinya. Selain seru, anak-anak pasti tidak akan menolak kalau di suruh makan kerupuk. 

Semakin besar kerupuk yang di sediakan oleh panitia, maka semakin seru anak-anak berlomba untuk menghabisinya. 

Kadang ada saja anak yang makan kunyah lebih kurang, yang penting kerupuk nya cepat habis. 

3. Bawa Kelereng Dalam Sendok
Peralatan yang di perlukan hanya kelereng dan sendok. Peserta di wajibkan menggigit tangkai sendok yang di dalam nya sudah di isi kelereng. 

Peserta bisa berjalan cepat atau berlari. Tapi kalau kelereng nya jatuh, peserta harus berhenti di tempat tersebut. Masukkan kelereng nya kembali, baru lanjutkan lagi.

Terkadang ada saja anak-anak yang curang. Kelereng nya jatuh, bukan nya berhenti di tempat tapi malah terus berjalan sambil mengambil kelereng yang terjatuh. 

Ada pula anak-anak yang kebingungan mencari kelereng yang jatuh. Biasanya hal ini terjadi kalau arena yang di gunakan adalah lapangan berumput. 

4. Masukkan Benang ke Dalam Jarum
Sama kayak bawa kelereng dalam sendok, cuma beda nya peserta lomba masukkan benang ke dalam jarum ini boleh berhenti. Setelah benang nya berhasil masuk kedalam jarum, silahkan berjalan cepat atau berlari menuju garis finish. 

Biasanya panitia akan menyediakan jarum yang paling kecil lobang nya agar peserta kesusahan. Inti dari lomba masukkan benang ke dalam jarum ini adalah melatih konsentrasi dan kreativitas. 

5. Mancing Botol
Sebuah paku di ikat pada seutas tali kemudian tali tersebut di ikat ke pinggang para peserta. 

Peserta akan berlomba-lomba memasukkan paku ke dalam botol dengan cara jongkok. 

Kadang ada saja peserta yang di ikatkan tali di pinggangnya tapi tali nya kepanjangan. Ujung2 nya peserta akan kesulitan memasukkan paku ke dalam botol. 

6. Cari Koin dalm Tepung
Sejumlah koin akan di simpan dalam nampan kemudian di timbun menggunakan tepung. 

Setiap nampan akan digunakan oleh 2 orang peserta. Mereka berlomba-lomba menemukan koin dengan cara meniup tepungnya pelan-pelan. 

Setelah koin kelihatan, peserta harus mengambilnya mengggunakan mulut kemudian di kumpulkan di luar nampan. 

Pemenang lomba ini di nilai berdasarkan siapa yang mendapatkan koin paling banyak. 

7. Mecahin Balon
Sejumlah balon di ikat pada seutas tali. Peserta berjejer di sepanjang tali tersebut dengan menggigit sebatang lidi runcing di mulut mereka masing-masing. 

Begitu panitia meniup kan peluit tanda perlombaan di mulai, peserta akan bergegas untuk memecahkan balon secepat mungkin. 

Di lihat sekilas lomba ini begitu mudah. Tapi kenyataan nya cukup susah. Sebab balon akan melambung bila di tusuk pakai lidi runcing tapi tidak pecah. Mau tidak mau peserta akan menunggu posisi balon kembali baru bisa mulai menusuk lagi. 

8. Meniup Balon
Ini sama kayak lomba mecahin balon. Konsep dasarnya sama-sama membuat balon pecah secepat mungkin. Tapi di lomba kali ini balon nya di tiup, bukan di tusuk pakai lidi. 

Lomba meniup balon ini menguji mental peserta. Sebab ada banyak orang yang takut mendengar suara balon pecah. 

9. Memindahkan Belut
Beberapa ekor belut atau cuma satu ekor belut di masukkan ke dalam ember. Peserta di minta menangkap belut tersebut kemudian memindahkan ke ember kosong yang telah di sediakan oleh panitia. 

Sekilas terlihat gampang. Tapi sebenarnya cukup susah. Selain belutnya licin, ada juga peserta yang takut memegang belut tapi sudah terlanjur ikut lomba tersebut. Hahaha

10. Junjung Botol
Kalau tadi ada lomba mancing botol, kali ini ada lagi lomba yang berhubungan dengan botol. Yakni junjung botol. 

Sesuai namanya, peserta lomba ini harus menjunjung botol. Mulai dari garis start sampai garis finish. 

Sama kayak lomba bawa kelereng dalam sendok, di lomba ini jika botolnya jatuh peserta harus berhenti di tempat tersebut. Ambil botolnya lagi, letakkan di kepala kembali, baru lanjutkan berjalan atau berlari. 

Kayaknya itu saja 10 ide lomba 17 agustus untuk anak-anak yang bisa saya bagikan dalam tulisan kali ini. Yang mau menambahkan, silahkan gunakan kotak komentar di bawah. Terima kasih!!! 


Post a Comment for "10 Ide Lomba 17 Agustus Untuk Anak-Anak"