Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Kelebihan Domain Web.ID yang Harus Kamu Ketahui

Kalau di tanya apa eksistensi domain yang paling populer di dunia saat ini? Saya yakin semua akan kompak menjawab COM. Jawaban tersebut memang benar. Sebab apapun jenis blog/website nya, domain .com selalu menjadi pilihan utama. Misalnya Google.com, Facebook.com, Alfirous.com dan lain sebagainya.

Kelebihan domain Web.ID

Selain domain .com, masih banyak eksistensi domain yang lain seperti Net, Info, Org dan lain sebagainya. Ada juga domain yang menunjukkan identitas suatu negara. Misalnya domain ID yang menunjukkan identitas dari negara Indonesia.

Salah satu domain ID yang saat ini cukup populer di kalangan blogger Indonesia adalah Web.ID. Saya pun mempunyai satu blog dengan domain tersebut yakni hatim.web.id. Domain tersebut saya daftarkan pertama kali tahun 2017 yang lalu. Tapi setahun kemudian domain tersebut mati setelah lupa saya perpanjangkan. Dan di bulan Februari 2022 yang lalu, domain hatim.web.id kembali saya daftarkan di tempat yang sama. Yakni Rumahweb Indonesia.

Paling tidak ada 5 kelebihan domain Web.ID yang harus kamu ketahui. Yaitu :

1. Murah

Di bandingkan domain Com, Net, Org atau bahkan domain ID sekalipun, domain Web.ID termasuk domain dengan harga yang cukup murah. Di Rumahweb Indonesia, harga domain Web.ID ini hanya Rp. 50.000/tahun. Bandingkan dengan domain Com yang berharga Rp. 145.000/tahun atau domain ID yang berharga Rp. 219.000/tahun.

Walaupun murah, domain Web.ID tidaklah murahan. Jika kamu mengisi blog tersebut dengan artikel berkualitas dan mengelolanya secara profesional, blog tersebut akan mampu bersaing dengan blog domain mahal sekalipun.

2. Banyak Pilihan Nama

Walaupun sudah banyak orang yang menggunakan domain Web.ID ini tapi tetap saja belum sebanyak domain Com. Hal inilah yang memungkinkan kita masih bisa memilih dan mendapatkan nama domain yang pendek dan bagus.

Contohnya nama saya yakni HATIM. Ketika saya mencari Hatim.com, domain tersebut sudah tidak tersedia lagi. Sedangkan ketika saya mencari HATIM.WEB.ID, domain tersebut masih tersedia. Langsung saja saya daftarkan. Selain murah, saya juga takut domain tersebut di daftarkan orang lain. Kapan lagi punya nama domain yang pendek, bagus dan sesuai dengan nama sendiri. Selain itu, harga domainnya murah lagi.

3. Kredibilitas Tinggi dan Lebih Terpercaya

Waktu pendaftaran domain Web.ID kemaren, pihak penyedia layanan hosting meminta identitas resmi seperti KTP atau dokumen penting lainnya. Secara tidak langsung membuat domain jenis ini memiliki kredibilitas tinggi dan lebih di percaya.

Hal ini membuat pengelola domain/blog harus berhati-hati dalam menyajikan konten. Sebab kalau ada informasi negatif / hoax, bisa di tindak tegas dengan alasan penipuan.

4. Memperoleh Rangking Tinggi di Mesin Pencari

Ini sudah pasti kabar baik untuk seorang blogger. Jika mereka menyasar trafik blog dari Indonesia, domain Web.ID adalah pilihan yang sangat tepat. Sebab mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya akan memprioritaskan domain ccTLD sebab di anggap relevan dengan wilayah tertentu.

5. Akses Lebih Cepat

Hal ini juga tidak kalah penting untuk di pertimbangkan. Iya, kecepatan akses masih menjadi salah satu parameter mesin pencari dalam memberikan peringkat untuk sebuah website. Kabar baiknya, domain Web.ID memiliki akses yang lebih cepat karena Domain Name Server (DNS) berasal dari Indonesia, dan domain Web.ID itu Indonesia banget. Jadi sudah pasti lebih cepat ketika di akses.

Kayaknya itu saja kelebihan domain Web.ID yang bisa saya tuliskan di postingan kali ini. Bagi yang mau menambahkan, silahkan tulis di kotak komentar. Terima Kasih!!!

Post a Comment for "5 Kelebihan Domain Web.ID yang Harus Kamu Ketahui"