Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Selangkangan Lecet Karena Keringat, Udara Lembab atau Jamur

Selangkangan lecet bisa di sebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena keringat, udara lembab atau jamur. Hal ini sering saya alami. Terutama selangkangan lecet yang di sebabkan oleh keringat.

Misalnya beberapa waktu yang lalu, ketika sedang olahraga, sekujur tubuh saya mengeluarkan cukup banyak keringat, termasuk di area selangkangan. Karena aktif bergerak, terjadi gesekan antara kulit paha dan celana dalam. Lama kelamaan, dari gesekan tersebut menimbulkan rasa perih yang cukup mengganggu. Setelah saya periksa, ternyata area selangkangan saya lecet. Berwarna merah dan cukup parah.

Cara Mengobati Selangkangan Lecet

Karena bukan sekali ini saja saya mengalami selangkangan lecet yang di sebabkan oleh keringat, jadi saya tidak terlalu khawatir. Toh saya juga sudah tahu bagaimana cara paling efektif mengobati selangkangan lecet karena keringat.

Oh iya, selangkangan lecet juga bisa di sebabkan oleh udara lembab atau jamur. Selangkangan termasuk salah satu tempat yang cukup sensitif. Itu sebabnya menjaga kebersihan area selangkangan harus rutin di lakukan. Biar tidak jadi tempat hunian favorit jamur. Misalnya dengan rutin mengganti celana dalam. Tidak memakai celana dalam yang terlalu ketat terutama ketika melakukan aktivitas yang mengeluarkan cukup banyak keringat. Dan yang tidak kalah penting untuk di perhatikan adalah kualitas bahan celana dalam tersebut. Ada celana dalam yang terbuat dari bahan yang kurang bagus dan tidak menyerap keringat. Jenis celana dalam yang ini kurang di rekomendasi untuk mereka yang cukup banyak mengeluarkan keringat walaupun hanya melakukan aktivitas ringan

Ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengobati selangkangan lecet karena keringat, udara lembab atau jamur :

  • Lepas Celana Dalam
Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika selangkangan mu lecet karena keringat adalah melepaskan celana dalam untuk sementara. Cara ini bertujuan untuk membuat selangkangan mu mendapatkan udara yang cukup sehingga mempercepat hilangnya keringat di area selangkangan.
  • Gunakan Kipas Angin
Untuk mempercepat hilangnya keringat di area selangkangan mu, tidak ada salahnya menggunakan kipas angin. Hal ini bisa membuat selangkangan mu mendapatkan udara lebih dari cukup. Dan yang pastinya lebih adem.

Caranya cukup sederhana. Lepaskan celana dan celana dalam mu, lalu gunakan kain sarung. Sambil istirahat di kamar, arahkan kipas angin ke selangkangan mu. Lakukan sampai keringat di selangkangan mu benar-benar kering.
  • Pakai Bedak Tabur
Menggunakan bedak tabur bisa membuat lecet di selangkangan mu cepat kering. Hal ini bisa membuat rasa perih dari lecet tersebut lebih cepat menghilang. Gunakan bedak tabur secukupnya dan lakukan berulang-ulang sampai area selangkangan mu benar-benar tidak lembab lagi.
  • Gunakan Minyak Gamat / Minyak Goreng
Ini cara paling efektif yang sering saya gunakan. Iya, mengoles selangkangan yang lecet menggunakan Minyak Gamat. Kalau tidak ada Minyak Gamat, bisa menggantinya dengan Minyak Goreng. Serius!
 
Tapi Minyak Goreng yang di gunakan adalah Minyak Goreng yang masih baru. Jangan menggunakan Minyak Goreng bekas pakai atau Minyak Jelantah. Nanti perabotan berharga di selangkangan mu di gigit tikus 😂

Lecet di selangkangan menjadi sakit sebab kulit di sekitar lecet tersebut menjadi tegang. Cara kerja Minyak Gamat / Minyak Goreng ini adalah mengendurkan kulit di sekitar lecet tersebut seperti semula. Hal ini juga berlaku saat kamu terluka ketika terjadi kecelakaan. Cobain deh oleskan luka mu dengan Minyak Gamat, pasti rasa perih atau nyeri di lukamu jadi jauh berkurang.
  • Pakai Salep
Kalau selangkangan mu lecet karena jamur, cara paling efektif untuk mengobati nya adalah dengan menggunakan salep. Ada berbagai macam merk salep yang bisa kamu beli di apotek terdekat. Tapi saya merekomendasikan salep merk Pi Kang Shuang. Saya pernah menggunakan salep merk ini dan terbukti cukup efektif.

Terakhir, kalau lecet di selangkangan mu terasa gatal, saya sarankan jangan pernah di garuk. Sebab saya pernah melakukan hal ini. Bukan nya berkurang. Tapi lecet nya semakin melebar dan semakin parah.

Tahan-tahan sajalah. Menahan rindu saja bisa, masak menahan gatal saja tidak bisa 😁

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Selangkangan Lecet Karena Keringat, Udara Lembab atau Jamur"