Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Terbaik Main Mobile Legends Untuk Pemula

Bagi yang belum tahu, Mobile Legends atau biasa di singkat ML adalah game  yang dikembangkan dan dirilis oleh Moonton developer pada tahun 2016 yang lalu. Game ini dapat dimainkan di platform mobile Android dan iOS. Sederhananya Game MOBA ini bisa di mainkan dimana saja. Baik di kamar tidur maupun di kamar mandi. Yang penting jangan main game ini di kamar mayat 😉

Tips Terbaik Main Mobile Legends Untuk Pemula

Game ini dimainkan sebanyak 10 orang yang terbagi menjadi 2 tim. Permainan dimulai dengan memilih hero bagi setiap pemain dari daftar hero yang tersedia. Hero yang tersedia adalah hero-hero yang telah dibeli oleh pemain dengan menggunakan Battle Point, Ticket maupun Diamond. Atau bisa juga hero trial yang sedang “dipinjamkan” secara gratis oleh sistem kepada pemain.

Tujuan permainan ini adalah menghancurkan base lawan agar bisa memenangkan pertandingan. Terdapat 3 lane utama di dalam map yaitu Middle, Top dan Bottom lane. Masing-masing lane dijaga oleh Turret yang akan menyerang unit lawan secara otomatis.

Walaupun konsep permainannya bisa di bilang cukup sederhana, tapi percayalah, bermain game ini tidaklah sesederhana yang di bayangkan. Namanya juga game laga dan strategi, pasti harus ada strategi yang namanya strategi.

Di tulisan ini saya akan memberikan 5 tips terbaik ketika bermain Mobile Legends untuk pemula. Hitung-hitung biar nggak jadi beban buat tim. Inilah 5 tips yang saya maksud :

#1. Gunakan hero yang benar-benar kamu kuasai

Ini adalah tips pertama dan yang paling dasar menurut saya. Gunakan hero yang benar-benar kamu kuasai. Misalnya kamu menguasai hero yang berada di role Marksman seperti Clint, Bruno, Moskov dan lain sebagainya. Nah, gunakan salah satu hero yang benar-benar kamu kuasai tersebut. Tapi ingat, harus tetap memperhatikan komposisi tim.

Kalau teman yang lain sudah pick MM, usahakan jangan pick MM lagi. Itu sebab nya WR hero penting untuk di tampilkan saat draft pick. Dari jumlah match dan persentase kemenangan bisa menjadi acuan siapa yang lebih jago.

Jika WR hero MM teman mu lebih bagus dari WR hero MM punya mu, biar temanmu saja yang pakai MM. Kamu tinggal pilih hero lain saja. Hero yang masih kamu kuasai. Fighter seperti Zilong atau Tank seperti Tigreal misalnya.

#2. Baca petunjuk cara menggunakan skill hero + item

Setiap hero yang di keluarkan oleh Moonton memiliki skill unik nya masing-masing. Kamu bisa membaca petunjuk bagaimana cara menggunakan skill-skill tersebut di menu Hero kemudian pilih hero yang ingin kamu pelajari skill nya. 

Ini adalah hal yang sangat penting. Biar kamu bisa faham menggunakan skill hero tersebut. Bagaimana pasif nya dan bagaimana combo skill nya. Biar hero yang bakal kamu gunakan nanti bisa memberikan damage yang maksimal dan berguna saat team fight.

Yang tidak kalah penting untuk kamu baca adalah petunjuk dari item-item yang tersedia di Mobile Legends. Untuk membaca nya kamu bisa menuju ke menu Prep kemudian pilih Buku Item.

Dengan membaca petunjuk penggunaan item, kamu bisa paham apa saja fungsi-fungsi item yang bakal kamu pilih dan apa efek nya bagi lawan.

#3. Rajin-rajin latihan di mode practise atau classic

Kalau kamu beli hero baru, misalnya Gusion, jangan langsung kamu gunakan di mode Ranked. Latihan dulu di mode Practise untuk mempraktek kan secara langsung skill-skill dari Gusion tersebut. Setelah kamu paham, kamu bisa mencoba di mode Classic. Di mode ini, kalau pun kamu kalah, tidak akan menurunkan bintang. Beda kalau di mode Ranked. Kalau kamu kalah, bintang mu akan berkurang. Dan yang lebih bahaya nya lagi, kamu akan di report ke Moonton karena bermain buruk. Kalau laporan tersebut di terima, kamu bakalan di beri hukuman. Penurunan kredit skor misalnya.

Jadi, rajin-rajin latihan di mode Practise atau Classic. Kalau sudah jago atau paling tidak cukup menguasai, baru coba di mode Ranked.

#4. Rajin-rajin melihat Youtube Pro Player

Sekarang banyak Pro Player yang mempunyai channel Youtube dengan konten seputar Mobile Legends. Ada gameplay, review skin terbaru, tutorial menggunakan hero biar jago dan lain sebagainya.

Kamu bisa meng-upgrade skill mu dengan cara rajin-rajin berkunjung ke channel mereka. Lihat bagaimana cara mereka bermain dan item-item yang mereka gunakan.

Ada banyak Pro Player yang terkenal cukup baik menggunakan hero-hero di Mobile Legends. Misalnya RRQ. Lemon dengan Kagura nya, RRQ. Alberttt dengan Ling nya atau RRQ. R7 dengan Chou nya.

Ada juga yang bukan Pro Player tapi jago di hero-hero tertentu. Misalnya MARKOCOP dengan Aldous nya, Dwi Woii dengan Fanny nya atau Fox Moba dengan Franco nya.

Intinya kamu tinggal pilih yang mana. Kalau kamu pengen upgrade skill mu dalam menggunakan Kagura, saya rasa channel Youtube RRQ. Lemon adalah pilihan yang tepat.

#5. Main aman

Ini adalah tips yang paling berguna menurut saya. Apapun hero yang kamu gunakan saat turun ke Land of Dawn, main aman adalah solusi nya.

Jika kamu menggunakan Thamuz sebagai Offlaner kemudian di gank oleh 2 orang musuh, lihat kondisi nya bagaimana. Kalau kamu cukup kuat dan bisa menang, lawan. Tapi kalau kamu tidak kuat, jangan memaksa. Mundur ke dalam turret atau minta bantuan teman-temanmu yang lain.

Intinya kamu jangan asal maju dan mati percuma. Itu bisa merugikan tim mu secara keseluruhan.

***

Kayaknya itu saja tips yang menurut saya terbaik saat bermain Mobile Legends untuk pemula. Kalau kamu punya tips yang lain, silahkan tulis di kotak komentar. Terima kasih!!!

2 komentar untuk "5 Tips Terbaik Main Mobile Legends Untuk Pemula"

  1. kalau aku malah bingung gimana supaya minat bermain game
    malah suka heran sama orang yang bisa menikmati game

    aku kok gak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Saya juga bukan gamer sejati bg.. Yg saya main cuma MLBB sama Higgs Domino.. Itu pun iseng-iseng doang 😂

      Hapus

Luangkan sedikit waktumu untuk berkomentar, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Terima kasih!!!