Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dramatis! Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020

Kalau ada satu kata yang bisa menggambarkan perjuangan Timnas Indonesia dalam memperebut tiket ke babak final Piala AFF 2020, saya akan memilih kata DRAMATIS!

Indonesia ke final AFF 2020

Iya, saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Singapura di leg kedua malam minggu kemaren, hati tidak berhenti deg-degan. Setiap menit waktu berjalan terasa begitu lambat. Pundak terasa memikul satu karung kapas. Tapi dalam keadaan basah. Padahal saya cuma penonton biasa. Bukan pemain yang sedang berjuang di lapangan.

Saya rasa bukan cuma saya yang merasakan hal demikian. Tapi banyak juga penggemar sepak bola dan pendukung setia Timnas Garuda merasakan hal yang sama. Bagaimanapun kita semua punya satu impian yang sama. Ingin melihat Timnas Indonesia lolos ke babak final Piala AFF 2020. Kalau bisa menjadi juara AFF untuk pertama kalinya.
 
Drama ini berawal ketika di leg pertama, Indonesia di tahan imbang Singapura 1-1. Di leg kedua sudah pasti kedua tim akan bermain habis-habisan. Memanfaatkan momentum sebaik mungkin. Kedua tim sama-sama ingin lolos ke babak final. Apalagi Singapura yang notabene adalah tuan rumah.
 
Pertandingan Indonesia vs Singapura leg kedua kemaren berlangsung cukup seru dan menegangkan. Jual beli serangan silih berganti mereka perlihatkan. Semua pemain mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Semua pemain ingin tim yang mereka bela keluar sebagai pemenangnya.

Timnas Indonesia unggul terlebih dahulu lewat gol Ezra Walian di menit ke 11. Di awal-awal menit segitu, Singapura belum bisa mengembangkan permainan walau sudah bisa membangun serangan dari sisi sayap. Otomatis permainan lebih banyak di kontrol oleh Timnas Indonesia.
 
Tapi dalam 20 menit ke depan, Singapura mulai mengancam. Bahkan, Singapura hampir membobol gawang Indonesia kalau Nadeo tidak sigap melakukan penyelamatan.
 
Dan di penghujung babak pertama, Singapura harus bermain dengan 10 pemain setelah Safuwan Baharudin di kasih kartu merah sama wasit karena di anggap melakukan pelanggaran keras.

Keungulan pemain tidak bisa di manfaatkan Timnas Indonesia dengan baik. Malah Singapura berhasil menyamakan keunggulan lewat gol Song Ui-young di penghujung 4 menit tambahan waktu babak pertama.

***

Di babak kedua, Indonesia melancarkan serangan lebih gencar. Bermain sabar dengan memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Tapi belum ada gol yang berhasil diciptakan pemain Indonesia. Malah Singapura yang berbalik unggul di menit ke 74. Berkat gol dari Shahdan Sulaiman.

Tertinggal 1 gol tidak membuat Timnas Indonesia melemah. Semangat juang mereka masih sekuat baja. Beruntung, di menit ke 87 Indonesia berhasil menyamakan kedudukan berkat gol dari Pratama Arhan.

Jujur, setelah Indonesia berhasil menyamakan kedudukan, saya menghembuskan nafas lega. Saya sempat sedikit frustasi #hahaha ketika Singapura berbalik unggul. Saya lihat di stadion, pendukung Singapura tidak berhenti berteriak. Seolah-olah mereka sudah memenangkan pertandingan ini.

Kegembiraan dan kelegaan saya dan mungkin juga jutaan rakyat Indonesia berkat gol penyama kedudukan Pratama Arhan tidak berlangsung lama. Satu atau dua menit setelah gol tersebut, Singapura mendapatkan tendangan finalti karena pemain bertahan Indonesia di anggap melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

BOOOM!!!

Di moment ini semangat saya langsung down. Bagaimana tidak, saat kedudukan sudah seimbang dan 2 menit lagi waktu pertandingan akan segera berakhir, tim lawan malah mendapatkan hadiah finalti. Kalau masuk, 100% Singapura akan melaju ke babak final. Sebab, tidak mungkin mencari gol penyeimbang di 1 menit terakhir.

Saat-saat penendang finalti dari Singapura akan mengambil ancang-ancang menendang bola adalah saat-saat menegangkan. Saya tidak berani melihat. Iya, saya memejamkan mata. Takut bola nya masuk. Hahaha

Tapi.... Alhamdulillah...

Tendangan finalti dari pemain Singapura berhasil di gagalkan oleh Nadeo Argawinata. Amazing!!! Malam itu, Nadeo penjadi pahlawan penyelamat.

Gagalnya tendangan finalti dari Singapura memberikan semangat yang kuat bagi seluruh pemain dan rakyat Indonesia yang menonton. Mereka berhasil menjaga skor tetap seimbang sampai peluit tanda 90 menit bermain habis di bunyikan oleh wasit.
 
***
 
Karena kedudukan seimbang, mereka harus menjalani laga tambahan waktu 2 x 15 menit. Ini bukan lah masalah buat Timnas Indonesia. Selain karena fisik mereka sudah jauh lebih kuat di bawah bimbingan pelatih Shin Tae-yong, Singapura juga harus kehilangan satu lagi pemain di babak kedua tadi karena mendapatkan kartu merah. Jadi, Singapura hanya bermain dengan 9 pemain.
 
Baru 1 menit permainan berjalan di masa tambahan waktu 2 x 15 menit, Singapura melakukan blunder yang menguntungkan Timnas Indonesia. Shawal Anuar melakukan gol bunuh diri. Ini adalah moment yang membalikkan keadaan untuk Indonesia. Tentu saja moment ini di sambut antusias oleh seluruh pencinta sepak bola di tanah air.

Menit ke 107, Egy Maulana Vikri yang baru di mainkan di leg kedua ini berhasil menambah keungulan. Skor 4-2 ini membuat peluang Indonesia melaju ke babak final Piala AFF 2020 terbuka semakin lebar.

Setelah gol dari Egy ini, pemain Singapura langsung kena mental. Kiper nya apalagi. Terlihat benar raut frustasi di wajahnya. Bermain dengan 9 pemain, tertinggal 2 gol dan bermain di depan pendukung sendiri sebagai tuan rumah sudah tentu menjadi beban yang sangat kuat.

Belum lagi menyaksi kan kenyataan bahwa setelah gol dari Egy tersebut, pemain Timnas Indonesia semakin gila-gilaan menyerang. Untung kiper Singapura cukup cekatan. Kalau tidak, paling tidak ada 4 gol lagi yang akan terjadi.

Di menit ke berapa, saya lupa. Di puncak frustasi, kiper Singapura melakukan pelanggaran keras yang membuatnya mendapatkan kartu merah dan terusir dari lapangan. Ini adalah moment yang tak terlupakan bagi siapa pun yang menonton.
 
***

Kiper Singapura benar-benar hebat. Banyak melakukan penyelamatan gemilang. Singapura yang bermain dengan 9 pemain, tapi berhasil membuat Timnas Indonesia kewalahan.

Melihat kiper Singapura yang jatuh bangun menghalau bola yang menuju ke gawangnya, pasti kita semua langsung ingat salah satu scene di film Shaolin Soccer. Amazing!!!

Laga Indonesia vs Singapura di leg kedua ini adalah salah satu laga terbaik sepanjang perhelatan Piala AFF 2020 ini. Selamat berjuang Indonesia. Sudah di tunggu sama Thailand di babak final. Semoga kali ini Indonesia mengukir sejarah dengan menjadi juara AFF untuk pertama kalinya. Aamiin!!!